Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Lampu dari Minyak Goreng dan Kaleng Bekas

Meskipun saat ini pemadaman lampu bergilir sudah jarang dilakukan oleh pihak PLN, namun kadangkala masih terjadi mati listrik dengan berbagai penyebab. Penyebab mati listrik ini berbagai macam, ada kalanya karena terjadi hujan badai sehingga berbahaya bila ada pohon yang tumbang dan mengenai jaringan kabel listrik, ada juga karena terjai gangguan pada terminal listrik sehingga memerlukan perbaikan.

tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng beka
membuat sendiri lampu minyak goreng dan kaleng bekas
(Gambar: youtube.com/watch?v=zT8pXcgr1fQ)

Dari alasan tersebut, saya kira perlu juga kita memiliki lampu emergensi yang dapat digunakan saat listrik padam. Karena gak bisa dipungkiri saat malam hari tiba-tiba mati lampu jadi gak asyik kan, apalagi pas sendirian di rumah, pasti pikiran udah horor kemana-mana hehhe. Namun ternyata masalah tidak selesai begitu saja, yakni ternyata lampu emergensi yang kita punya juga kehabisan baterai, wahhh...


Jika kamu juga mengalami hal tersebut, jangan berkecil hati dan mikirin hal horor dulu hehe. Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat lampu dari minyak goreng dan kaleng bekas yang dapat kamu gunakan saat mati listrik dan lampu emergensimu juga kehabisan baterai. Cara buat lampu minyak ini juga gampang banget kok, gak perlu pakai alat apapun cuma butuh korek buat menyakannya saja. Oke, langsung ikuti tutorialnya berikut ini.

Bahan dan Alat untuk Membuat Lampu dari Minyak Goreng dan Kaleng Bekas

  • Kaleng bekas minuman, bisa juga pakai botol beling
  • Tisu
  • Minyak goreng
  • Korek

Tutorial Cara Membuat Lampu Minyak Goreng



Langkah pertama untk membuat lampu dari minyak goreng ini adalah tuangkan minyak ke dalam kaleng kira-kira sampai setengahnya.

tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng beka

Siapkan tisu dengan digulung kecil seperti ini. Lalu masukkan ke dalam kaleng yang telah berisi minyak tadi. Tunggu kira-kira 3 menit sampai minyak meresap ke atas.

tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng beka

Lalu nyalakan menggunakan korek api.

tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng beka

Jadi deh lampu minyak goreng yang sederhana tapi bermanfaat ini.

tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng beka


Kelebihan dari lampu minyak goreng ini tentu saja lebih hemat karena setiap rumah pasti punya minyak goreng. Dan untuk membuat lampu minyak goreng ini juga gak perlu pakai minyak baru, pakai minyak goreng bekas atau jelantah juga bisa, tapi tentunya nanti saat dinyalakan akan tercium "aroma terapi" dari bekas gorengannya hehehe. Sekian tutorial cara membuat lampu minyak goreng dan kaleng bekas ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Lampu dari Minyak Goreng dan Kaleng Bekas

0 Komentar untuk "Cara Membuat Lampu dari Minyak Goreng dan Kaleng Bekas"

close
-->